Rabu, 28 Desember 2016

Cara Sehat Menggunakan Toilet Umum

Aktivitas sehari-hari mungkin saja mengharuskan Anda cara memakai toilet umum, umpamanya toilet di kantor, di mal atau tempat yang lain. Walaupun tampak bersih, hadirnya kuman pemicu penyakit umum ada di toilet. Kuman penyakit seperti salmonella, streptococcus, E. coli serta beragam virus yang lain bisa mengakibatkan sakit tenggorokan, flu atau masalah pencernaan.

Langkah kuman-kuman itu masuk ke badan yaitu lewat hubungan yang Anda kerjakan dengan benda-benda yang ada di toilet umum. Umpamanya saat menyentuh flush pada kloset, keran, pegangan pintu, atau benda-benda lain yang Anda sentuh. Mustahil juga hindari toilet umum lantaran mustahil menahan hasrat ke toilet, bahkan juga bila dipaksakan bisa mengakibatkan permasalahan pada badan, seperti infeksi saluran kemih.
Membuat perlindungan Diri di Toilet Umum
Anda tak perlu terlampau takut memakai toilet lantaran ada cara-cara membuat perlindungan diri dari kuman-kuman yang ada di toilet umum, diantaranya :
  1. Beberapa barang yang Anda bawa seperti tas, dompet atau barang yang lain janganlah ditempatkan di lantai toilet.
  2. Saat sebelum memakai kloset, flush dahulu untuk keluarkan urine serta kotoran yang lain sebagai rumah bateri.
  3. Bila memakai kloset duduk, seka dudukan toilet dengan memakai tisu.
  4. Lapisi dudukan kloset dengan pelapis dudukan kloset bila ada, atau pakai tisu juga sebagai pelapisnya.
  5. Janganlah duduk di atas dudukan kloset bila tampak basah atau kotor. Posisi yang bisa dikerjakan yaitu dengan posisi duduk melayang tanpa ada menyentuh kloset. Anda bisa bertumpu pada dinding atau pintu waktu mengerjakannya.
  6. Sebisa-bisanya, jauhi untuk menyentuh benda-benda yang ada di toilet. Anda bisa memakai tisu waktu menghimpit flush di kloset atau buka pintu.
  7. Tutup kloset saat sebelum menghimpit flush dengan memakai tisu. Pada situasi terbuka, kuman-kuman dalam kloset bisa meloncat keluar serta tentang atau masuk ke badan. Bila tak ada penutup, jauhi kloset waktu lakukan flush.
  8. Usai memakai kloset, janganlah lupa bersihkan tangan dengan memakai sabun. Bersihkan tangan lewat cara yang benar sepanjang 20-30 detik, yang termasuk juga menggosok-gosok telapak, punggung tangan, sela-sela jari tangan serta daerah dibawah kuku. Bila ada, pakai air panas yang lebih efisien membunuh kuman.
  9. Keringkan tangan dengan memakai tisu sesudah usai membersihkan tangan.
  10. Bila Anda membawa cairan pencuci tangan alkohol yang dipakai tanpa ada pembilas, bisa dipakai sesudah bersihkan tangan serta meninggalkan toilet.
Hal utama lain supaya terlepas dari penyakit yaitu dengan melindungi keadaan badan terus sehat hingga kuman-kuman akan tidak mengganggu kesehatan Anda. Memakai toilet umum tak perlu ditakuti bila Anda ketahui langkah aman memakainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar